Kamis, 03 November 2016

KOLEKSI ATAU BAHAN RUJUKAN DI PERPUSTAKAAN



KOLEKSI ATAU BAHAN RUJUKAN DI PERPUSTAKAAN

Oleh :
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Tulisan singkat ini menggambarkan tentang koleksi/bahan rujukan di perpustakaan sehingga diharapkan pemustaka dapat memanfaatkan koleksi/bahan rujukan ini dengan baik dan benar sesuai fungsi masing-masing koleksi/bahan rujukan. Misalnya, pemustaka mencari arti, definisi kata, kata yang asing maka rujukan yang sesuai adalah Kamus, pemustaka ingin mengetahui tentang kejadian-kejadian termasuk fakta dan sejarah maka pustakawan dapat merujuknya pada Almanak, dan seterusnya.

Koleksi rujukan atau sering juga disebut bahan rujukan atau koleksi referensi artinya bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan yang memiliki fungsi merujuk atau menunjuk/mengarahkan pemustaka agar mendapatkan informasi sesuai dengan permasalahan atau pertanyaannya terhadap suatu informasi.

Setiap perpustakaan apapun jenisnya, memiliki bahan rujukan sebagai koleksi yang dipajang pada rak (selving) berdasarkan nomor kelas koleksi rujukan tersebut atau dengan cara lain berdasarkan kebijakan selving masing-masing perpustakaan. Misalnya, untuk kamus Bahasa Inggris biasanya disimpan/dipajang di rak dengan nomor kelas 423, buku tentang biografi disimpan/dipajang pada rak dengan nomor kelas 920, kamus biologi disimpan/dipajang di rak dengan nomor kelas 576.03, begitu seterusnya. 

Tujuan utama penyimpanan atau pemajangan koleksi rujukan berdasarkan nomor kelas dalam perpustakaan adalah agar pemustaka dapat memanfaatkan koleksi rujukan tersebut dengan baik dan benar, pustakawan mudah dalam melakukan penyiangan (weeding) atau melakukan Stock Opname koleksi, mudah dalam menunjuk atau mengarahkan pemustaka khususnya tentang letak koleksi berdasarkan informasinya, memudahkan pustakawan menerapkan manajemen penataan koleksi, dan membuat pemustaka tidak tersesat (salah mengambil koleksi) sehingga dapat menghemat waktu pencarian dan penemuan koleksi. 

Manfaat yang dapat diperoleh pemustaka (user) ketika memanfaatkan koleksi rujukan misalnya:
  1. Pemustaka dapat memperoleh informasi sesuai kebutuhan akan informasi yang jawabannya ada pada koleksi rujukan
  2. Pemustaka memiliki kemampuan dalam memanfaatakan koleksi khususnya yang berkaitan dengan bahan rujukan
  3. Pemustaka mampu menyelesaikan atau mengambil solusi yang cepat khususnya yang berkaitan dengan bahan rujukan
  4. Pemustaka dapat mendayagunakan salah satu bagian dalam perpustakaan yaitu bagian koleksi rujukan.
  5. Kesuksesan pemustaka.
Contoh permasalahan atau pertanyaan yang sering diajukan pemustaka sehingga membutuhkan koleksi atau bahan rujukan sebagai jawaban atau solusinya:

No.
Permasalahan atau Pertanyaan
Solusi (Bahan/Koleksi Rujukan)
1.
Arti, definisi kata, kata yang asing
Kamus
2.
Kejadian-kejadian termasuk fakta dan sejarah
Almanak, Ensiklopedi, Laporan tahunan
3.
Profesi, kegiatan, pendidikan
Direktori, Almanak, ensiklopedi, laporan tahunan
4.
Undang-Undang, Peraturan Pemerintah
Lembaran Negara, tambahan lembaran negara
5.
Tokoh, Pribadi, Para ahli
Direktori, Sumber biografi, Ensiklopedi
6.
Kota, Laut, Negara, Gunung
Sumber Geografi termasuk atlas, globe, Ensiklopedi
7.
Artikel, Buku, Terbitan berseri
Katalog, Indeks, Abstrak
8.
e-journal, e-book, e-artikel dan karya digital lainnya
Online Databases termasuk website

Bahan rujukan atau koleksi rujukan mampu membantu pemustaka untuk menemukan informasi dengan cepat, tepat, dan sesuai dengan kebutuhan atau pemasalahan yang membutuhkan jawaban dengan bantuan sumber rujukan seperti di atas. Pustakawan akan membantu pemustaka (user) dengan memberikan pelayanan yang berkualitas (pemustaka dan pustakawan dapat berkomunikasi secara langsung). 

Dengan layanan rujukan yang ada di perpustakaan, pustakawan diharapkan dapat memberikan pelayanan rujukan dan bertindak profesional. Untuk itu, pustakawan perlu lebih memahami karakter pemustaka, memahami pertanyaan-pertanyaan pemustaka, dan mampu menganalisis pertanyaan pemustaka sehingga menghasilkan rujukan yang tepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar