Rabu, 03 Juni 2015

PERAN MANAJEMEN DALAM PERPUSTAKAAN



PERAN MANAJEMEN DALAM PERPUSTAKAAN

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Judul ini menarik untuk dibahas khususnya jika dikaitkan dengan perpustakaan. Perpustakaan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ditopang dengan manajemen. Perpustakaan tidak akan mencapai visi dan misinya jika tidak disertai dengan manajemen. Perpustakaan tidak akan berhasil memuaskan pemustaka dengan layanan informasinya dengan segala sumber informasi yang dimiliki oleh perpustakaan jika tidak didukung oleh manajemen. Perpustakaan tidak akan berfungsi jika tidak disertai dengan manajemen. Perpustakaan tidak akan mencapai peran dan fungsinya jika tidak melibatkan manajemen dalam pelaksanaannya.

Manajemen dalam perpustakaan bisa dibahasan dengan mengatur, mengarahkan, membimbing, mengendalikan, mempengaruhi pustakawan agar dapat bekerja, berkarya, melakukan tugas-tugas kepustakawanan untuk mencapai tujuan perpustakaan. Dari pengertian ini, manajemen di perpustakaan perlu untuk dipelajari, dipahami dan direalisasikan oleh manajer, pemimpin, atau kepala perpustakaan.

Pemimpin atau kepala perpustakaan perlu mempelajari manajemen agar dapat memimpin di perpustakaan dengan baik dan benar. Memimpin di perpustakaan dengan berlandaskan manajemen akan menghasilkan manfaat yaitu:
1.  Pemimpin akan cepat mengambil keputusan jika hal itu menyangkut keberadaan perpustakaan, keputusan tersebut tentu didasari pertimbangan yang dapat mengangkat citra perpustakaan, memenuhi tujuan perpustakaan dan untuk pemustaka.
2. Pemimpin mampu mengarahkan, mengatur, mengendalikan, dan mempengaruhi pustakawan untuk meningkatkan kinerjanya demi pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka.
3.      Mudah dalam pencapaian tujuan, misi dan visi perpustakaan
4.  Mudah menyelesaikan masalah jika terjadi masalah dalam perpustakaan, baik itu menyangkut Sumber Daya Pustakawan, pemustaka, maupun menyangkut sarana dan prasarana.
5.  Pemimpin mampu memadukan perbedaan kelompok menjadi satu kesatuan yang terkendali dan mengembangkan kualitas untuk keberhasilan tujuan perpustakaan

Manajemen berperan dalam merealisasikan tugas-tugas kepustakawanan, merealisasikan kebersamaan dan kekompakan pustakawan untuk peningkatan kinerja, menyelesaikan masalah-masalah atau hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas sehingga memudahkan untuk pengambilan keputusan sesuai dengan sasaran dan tujuan perpustakaan. Ini sebenarnya yang diperlukan oleh setiap kepala perpustakaan yaitu mengerti dan mampu menerapkan manajemen dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin atau kepala perpustakaan. Untuk itu, kepala perpustakaan perlu mengetahui peran manajemen dalam perpustakaan yaitu:
1.      Sebagai ilmu yang perlu dikuasai, dipelajari, dan dipahami oleh kepala perpustakaan agar mampu mengatur semua Sumber Daya yang ada di perpustakaan agar dapat berjalan seiring untuk mencapai tujuan perpustakaan.
2.    Sebagai acuan dalam pelaksanaan sistem berbasis pemustaka agar tetap berjalan dengan baik, sesuai perencanaan dan tujuan yang telah ditetapkan.
3.  Sebagai suatu aktivitas yang dapat merealisasikan tujuan dan sasaran dari kinerja perpustakaan.
4.    Sebagai sarana yang mampu mempersatukan sumber daya pustakawan untuk bertindak dan bekerja sama dalam mencapai visi dan misi perpustakaan.

Perpustakaan tidak akan terselenggara dengan baik jika pemimpin atau kepala perpustakaan tidak menerapkan manajemen ini secara baik dan benar. Pemimpin atau kepala perpustakaan yang menerapkan manajemen dalam kepemimpinannya tidaklah sulit jika pemimpin atau kepala perpustakaan tersebut memiliki sifat-sifat yang mulia, temasuk jujur. Pemimpin yang menguasai manajemenlah yang mampu sukses dalam menjalankan amanah dan tanggung jawabnya sebagai kepala perpustakaan. Mampu mengatur seluruh sistem agar berjalan sesuai harapan untuk menjapai tujuan perpustakaan.

Calon atau kepala perpustakaan sebagai pemimpin harus dapat menguasai, memahami, dan menerapkan manajemen perpustakaan dengan terus belajar baik melalui lembaga pendidikan, maupun dari pengalaman. Pemimpin juga perlu mengamalkan sifat-sifat mulia dalam menerapkan manajemen di perpustakaan termasuk pengambilan keputusan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar