Senin, 14 Januari 2019

PENGETAHUAN PEMUSTAKA TENTANG FUNGSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI WAHANA INFORMASI



PENGETAHUAN PEMUSTAKA TENTANG FUNGSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI WAHANA INFORMASI

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Ahli Madya Universitas Hasanuddin)

Tulisan singkat ini menggambarkan tentang pengetahuan pemustaka terhadap fungsi perpustakaan sebagai wahana informasi di Perpustakaan Universitas Hasanuddin (Unhas). Gambaran tersebut dapat dilihat dari jawaban responden yang ditabulasi dalam tabel frekuensi dengan rincian sebagai berikut:

1. Koleksi yang dimiliki Perpustakaan Unhas dapat dijadikan sumber informasi

Berdasarkan jawaban responden terhadap pertanyaan tentang apakah koleksi yang dimiliki Perpustakaan Unhas dapat dijadikan sumber informasi maka diperoleh jawaban dengan gambaran sebagai berikut:

No.
Koleksi yang dimiliki Perpustakaan Unhas dapat dijadikan sumber informasi
Frekuensi
Persentase (%)
1.
Perpustakaan Unhas merupakan sumber informasi karena koleksi dapat ditelusur  sesuai dengan kebutuhan/keinginan
20
18.52%
2.
Perpustakaan Unhas merupakan sumber informasi karena keragaman jenis koleksi yang dimiliki lengkap
21
19.44%
3.
Perpustakaan Unhas merupakan sumber informasi karena selain membaca buku yang terkait profesi juga dapat mengetahui informasi lain sebagai suatu pengetahuan umum
44
40.74%
4.
Perpustakaan Unhas merupakan sumber informasi karena ketika dibaca/digunakan bermanfaat adanya
23
21.30%
Jumlah
108
100%

Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa responden yang menjawab Perpustakaan Unhas merupakan sumber informasi karena koleksi dapat ditelusur sesuai dengan kebutuhan/keinginan sebanyak 20 responden atau 18.52%, responden yang menjawab Perpustakaan Unhas merupakan sumber informasi karena keragaman jenis koleksi yang dimiliki lengkap sebanyak 21 responden atau 19.44%, responden yang menjawab Perpustakaan Unhas merupakan sumber informasi karena selain membaca buku yangg terkait profesi juga dapat mengetahui informasi lain sebagai suatu pengetahuan umum sebanyak 44 responden atau 40.74%, dan responden yang menjawab Perpustakaan Unhas merupakan sumber informasi karena ketika dibaca/digunakan bermanfaat adanya sebanyak 23 responden atau 21.30%.

Dari data ini diketahui bahwa koleksi yang dimiliki Perpustakaan Unhas dapat dijadikan sumber informasi alasannya karena selain membaca buku yang terkait profesi juga dapat mengetahui informasi lain sebagai suatu pengetahuan umum,  ketika dibaca/digunakan bermanfaat adanya, memiliki keragaman jenis koleksi yang dimiliki lengkap, dan dapat ditelusur sesuai dengan kebutuhan/keinginan. Hal ini dapat diketahui bahwa pemustaka telah mengetahui bahwa koleksi yang dimiliki Perpustakaan Unhas dapat dijadikan sumber informasi yang bermanfaat untuk pemustaka.

2. Perpustakaan Unhas memberikan informasi yang bermanfaat/berkualitas

Berdasarkan jawaban responden terhadap pertanyaan tentang apakah Perpustakaan Unhas telah memberikan informasi yang bermanfaat/berkualitas maka diperoleh jawaban dengan gambaran sebagai berikut:

No.
Perpustakaan Unhas telah memberikan informasi yang bermanfaat/berkualitas
Frekuensi
Persentase (%)
1.
Perpustakaan selalu memberikan informasi yang bermanfaat ketika buku yang diakses di temukan
21
19.44%
2.
Perpustakaan bermanfaat karena sumber referensi lengkap dan bervariasi
25
23.15%
3.
Informasi yang sesuai dengan kebutuhan ada di perpustakaan
45
41.67%
4.
Bermanfaat tetapi masih tahun lama
17
15.74%
Jumlah
108
100%

Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa responden yang menjawab Perpustakaan selalu memberikan informasi yang bermanfaat ketika buku yang diakses di temukan sebanyak 21 responden atau 19.44%, responden yang menjawab Perpustakaan bermanfaat karena sumber referensi lengkap dan bervariasi sebanyak 25 responden atau 23.15%, responden yang menjawab informasi yang sesuai dengan kebutuhan ada di perpustakaan sebanyak 45 responden atau 41.67%, dan responden yang menjawab Bermanfaat tetapi masih tahun lama sebanyak 17 responden atau 15.74%.

Dari data ini diketahui bahwa pemustaka mengatakan Perpustakaan Unhas telah memberikan informasi yang bermanfaat/berkualitas dengan alasan buku yang diakses di temukan, sumber referensi lengkap dan bervariasi, Informasi sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat menjadi masukan bagi pengelola perpustakaan bahwa ada pemustaka yang menjawab Perpustakaan Unhas telah memberikan informasi yang bermanfaat/berkualitas tetapi masih tahun lama. Berdasarkan pengamatan ternyata pemustaka ini hanya menggunakan koleksi manual dan tidak menggunakan koleksi e-book yang telah dilanggan oleh Perpustakaan Unhas.

 3.    Informasi yang ada di Perpustakaan Unhas Mudah di akses
 
Berdasarkan jawaban responden terhadap pertanyaan tentang apakah informasi di Perpustakaan Unhas mudah di akses maka diperoleh jawaban dengan gambaran sebagai berikut:

No.
Informasi di Perpustakaan Unhas mudah di akses
Frekuensi
Persentase (%)
1.
Informasi di Perpustakaan Unhas mudah di akses dengan menggunakan OPAC (Online Public Access Catalog)
55
50.93%
2.
Informasi di Perpustakaan Unhas mudah di akses dengan menggunakan Web Perpustakaan
45
41.67%
3.
Penempatan koleksi yang tersusun rapi memudahkan dalam mengakses
8
7.41%
Jumlah
108
100%

Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa responden yang menjawab informasi di Perpustakaan Unhas mudah di akses dengan menggunakan OPAC (Online Public Access Catalog) sebanyak 55 responden atau 50.93%, responden yang menjawab informasi di Perpustakaan Unhas mudah di akses dengan menggunakan Web Perpustakaan sebanyak 45 responden atau 41.67%, dan responden yang menjawan penempatan koleksi yang tersusun rapi memudahkan dalam mengakses sebanyak 8 responden atau 7.41%.

Dari data ini diketahui bahwa berdasarkan jawaban responden, informasi di perpustakaan mudah diakses karena adanya OPAC, ada web perpustakaan (www.unhas.ac.id/perpustakaan), dan koleksi tersusun rapi. Hal ini dapat menjadi masukan kepada pihak perpustakaan agar selalu menginput atau memasukkan data koleksi ke dalam software OPAC agar dapat ditelusur atau diakses oleh pemustaka, termasuik web perpustakaan. Terkait kerapihan penyusunan koleksi di rak juga berpengaruh terhadap pencarian dan penemuan kembali koleksi atau akses koleksi/informasi.

Pengetahuan Pemustaka tentang fungsi Perpustakaan Unhas sebagai wahana Informasi dengan memanfaatkan perpustakan sebagai sumber informasi, sebagai tempat yang menyediakan informasi yang bermanfaat/berkualitas, dan mudah diakses.

 Saran pemustaka terhadap fungsi Perpustakaan Unhas sebagai wahana Informasi:
  1. Perlu menambah literatur terbaru terkait koleksi tercetak
  2. Untuk koleksi referensi/rujukan perlu update lagi
  3. Ketersediaan fasilitas pendukung sumber informasi pada perpustakaan ditambah, misalnya, wifi, kecepatan akses dan lain-lain
  4. Perlu ada pelatihan literasi informasi dan juga cara penelusuran koleksi berbasis online secara berkala




Tidak ada komentar:

Posting Komentar