Rabu, 16 Januari 2019

PENGETAHUAN PEMUSTAKA TENTANG FUNGSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI WAHANA REKREASI BERBASIS EDUKATIF



PENGETAHUAN PEMUSTAKA TENTANG FUNGSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI WAHANA REKREASI BERBASIS EDUKATIF

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Ahli Madya Universitas Hasanuddin)

Tulisan singkat ini menggambarkan tentang pengetahuan pemustaka terhadap fungsi perpustakaan sebagai wahana rekreasi berbasis edukatif di Perpustakaan Universitas Hasanuddin (Unhas). Gambaran tersebut dapat dilihat dari jawaban responden yang ditabulasi dalam tabel frekuensi dengan rincian sebagai berikut:

1.  Koleksi yang dimiliki Perpustakaan Unhas telah dapat dijadikan sebagai sumber bacaan hiburan

Berdasarkan jawaban responden terhadap pertanyaan tentang apakah koleksi yang dimiliki Perpustakaan Unhas telah dapat dijadikan sebagai sumber bacaan hiburan maka diperoleh jawaban dengan gambaran sebagai berikut:

No.
Koleksi Perpustakaan Unhas telah dapat dijadikan sebagai sumber bacaan hiburan
Frekuensi
Persentase (%)
1.
Koleksi Perpustakaan Unhas telah dapat dijadikan sebagai sumber bacaan hiburan karena adanya buku fiksi, novel, biografi, dan sejarah
55
50.93%
2.
Karena sudah tersedia sumber bacaan tersebut seperti cerita rakyat, puisi, roman dan sebagainya
32
29.63%
3.
Karena dalam Perpustakaan Unhas juga terdapat movie, Internet, DVD, VCD sehingga menambah kreativitas dan daya inovasi
21
19.44%
Jumlah
108
100%

Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa responden yang menjawab Koleksi Perpustakaan Unhas telah dapat dijadikan sebagai sumber bacaan hiburan karena adanya buku fiksi, novel, biografi, dan sejarah sebanyak 55 responden atau 50.93%, responden yang menjawab karena sudah tersedia sumber bacaan tersebut seperti cerita rakyat, puisi, roman dan sebagainya sebanyak 32 responden atau 29.63%, dan responden yang menjawab karena dalam Perpustakaan Unhas juga terdapat movie, Internet, DVD, VCD sehingga menambah kreativitas dan daya inovasi sebanyak 10 responden atau 9.26%.

Dari data ini diketahui bahwa pemustaka telah memahami bahwa Perpustakaan Unhas juga berfungsi sebagai wahana rekreasi berbasis edukatif alasannya, koleksi Perpustakaan Unhas telah dapat dijadikan sebagai sumber bacaan hiburan karena adanya buku fiksi, novel, biografi, dan sejarah (50.93%), karena di Perpustakaan Unhas sudah tersedia sumber bacaan rekreasi berbasis edukatif seperti cerita rakyat, puisi, roman dan sebagainya (29.63%), dan karena dalam Perpustakaan Unhas juga terdapat movie, Internet, DVD, VCD sehingga menambah kreativitas dan daya invasi pemustaka (19.44%).

Berdasarkan data di atas, dapat diketahui bahwa salah satu fungsi Perpustakaan Unhas adalah sebagai wahana rekreasi berbasis edukatif karena tersedianya bacaan-bacaan yang sifatnya rekreatif tetapi mengandur unsur edukatif yang dapat membangun dan mengembangkan kreativitas pemustaka, minat dan daya inovasi setiap pemustaka yang memanfaatkannya. Di perpustakaan bacaan yang mengandung unsur rekreatif biasanya dikelaskan pada nomor kelas 800 dan 700

Pengelompokan Bidang Ilmu di Perpustakaan Unhas

NOMOR KELAS
BIDANG ILMU
000
karya-karya umum
100
filsafat, metafisika, psikologi, logika, etika
200
agama, theology
300
ilmu-ilmu sosial
400
bahasa
500
matematika dan ilmu-ilmu alam
600
ilmu-ilmu terapan, kedokteran, teknologi
700
seni, rekreasi, hiburan, olahraga
800
linguistik, sastra
900
geografi, biografi, sejarah
Sumber : Bagian Pengolahan Perpustakaan Unhas, 2019

2. Bacaan yang bersifat rekreatif yang ada di Perpustakaan Unhas bermanfaat untuk pemustaka

Berdasarkan jawaban responden terhadap pertanyaan tentang apakah bacaan yang sifatnya rekreatif yang ada di Perpustakaan Unhas bermanfaat untuk pemustaka maka diperoleh jawaban dengan gambaran sebagai berikut:

No.
Bacaan yang sifatnya rekreatif yang ada di Perpustakaan Unhas bermanfaat untuk pemustaka
Frekuensi
Persentase (%)
1.
Bermanfaat karena menambah imajinasi dan menambah pengalaman
32
29.63%
2.
Bermanfaat karena memberikan hiburan apalagi jika telah selesai ujian
29
26.85%
3.
Mengembangkan kreativitas dan ide inovatif yang membangun
28
25.93%
4.
Menciptakan keseimbangan jasmani dan rohani
19
17.59%
Jumlah
108
100%

Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa responden yang menjawab  bermanfaat karena menambah imajinasi dan menambah pengalaman sebanyak 32 responden atau 29.63%, responden yang menjawab bermanfaat karena memberikan hiburan apalagi jika telah selesai ujian sebanyak 29 responden atau 26.85%, responden yang menjawab mengembangkan kreativitas dan ide inovatif yang membangun sebanyak 28 responden atau 25.93%, responden yang menjawab bermanfaat karena mampu menciptakan keseimbangan jasmani dan rohani sebanyak 19 responden atau 17.59%.

Dari data ini diketahui bahwa pemustaka banyak memperoleh manfaat ketika memanfaatkan Perpustakaan Unhas khususnya fungsi perpustakaan sebagai wahana rekreatif berbasis edukatif yang meliputi, menambah imajinasi dan menambah pengalaman (29.63%), memberikan hiburan apalagi jika telah selesai ujian (26.85%), mengembangkan kreativitas dan ide inovatif yang membangun (25.93%), dan menciptakan keseimbangan jasmani dan rohani (17.59%). Hal ini dapat menjadi masukan bagi pengelola perpustakaan bahwa koleksi rekreatif berbasis edukatif cukup diminati dan telah digunakan pemustaka sesuai fungsinya oleh pemustaka karena itu, perlu pengelolaan dengan baik.  

Pengetahuan Pemustaka tentang fungsi Perpustakaan Unhas sebagai Wahana Rekreasi berbasis edukatif dengan menggunakan perpustakaan sebagai sumber bacaan hiburan yang bermanfaat. Saran pemustaka terhadap fungsi Perpustakaan Unhas sebagai wahana rekreasi berbasis edukatif:
a) Lebih ditingkatkan lagi khususnya koleksi-koleksi tercetak seperti novel, fiksi, cerita rakyat, roman, biografi, CD, DVD, koleksi movie, dan lain-lain
b)  Hendaknya ada ruang khusus untuk menonton (cinema) milik Perpustakaan Unhas
c) Untuk fungsi rekreatif berbasis edukatif ada baiknya perpustakaan direnovasi lebih menarik dengan konsep “generasi milenial” 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar