Senin, 18 Mei 2015

CARA MENINGKATKAN MINAT BACA



CARA MENINGKATKAN MINAT BACA

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya)

            Masih terngiang pertanyaan salah seorang MABA (Mahasiswa Baru) ketika saya membawakan materi tentang pengenalan perpustakaan di salah satu perguruan tinggi di Makassar.

            Waktu itu saya mengatakan, sebagai MABA hendaknya kalian mengenali seluruh koleksi yang ada di perpustakaanmu. Kalau koleksi itu kalian sudah kenali, maka keistimewaannya adalah kalian akan cepat mengetahui keberadaan koleksi tersebut ketika kalian butuhkan. Kalau misalnya kamu tidak butuhkan hari ini, mungkin besok. Kalau kamu tidak butuhkan minggu ini, mungkin minggu depan, kalau kamu tidak butuhkan bulan ini, mungkin bulan depan. Kalau kamu tidak butuhkan semester ini mungkin semester depan, begitu seterusnya, tetapi pada akhirnya kamu pasti membutuhkannya.

            Saya juga mengatakan bahwa hasil penelitian di Amerika Serikat yang pernah saya baca, 95% keberhasilan belajar mahasiswa karena berkunjung ke perpustakaan dan menggunakan fasilitas yang disiapkan perpustakaan. Contoh fasilitas yang disiapkan oleh perpustakaan selain buku, juga disiapkan non buku termasuk fasilitas internet (WIFI), termasuk e-book dan e-journal. Pada akhir presentasi saya simpulkan, siapa yang rajin ke perpustakaan pasti minat bacanya tinggi, dan siapa yang minat bacanya tinggi pasti prestasi akademiknya juga tinggi, dan jika prestasi akademik tinggi maka pasti cepat menyelesaikan studi.

            Pada babakan pertanyaan, ada seorang MABA yang bertanya, Bagaimana caranya agar minat baca saya tinggi?, mohon diberi saran-saran. Pertanyaan ini menarik bagi saya. Sebagai jawabanya saya kemudian menjelaskan dan memberi saran-saran sebagai berikut:

      1.  Membacalah pada saat kalian merasa senang.
Saya katakan demikian karena itu adalah pengalaman saya ketika membaca. Pada saat saya merasa senang, pikiran menjadi terbuka sehingga apa yang dibaca itu akan cepat terekam di otak. Sebaliknya, jangan membaca ketika kita lagi terkena musibah atau halangan, apalagi pada saat kita sedang sakit.

2. Belajarlah mencintai buku.
Jika anda mencintai buku, itu artinya anda akan selalu senang membacanya, seolah-olah tiada waktu tanpa membacanya.

3. Jadikan membaca sebagai kebutuhan
Membaca jika menjadi kebutuhan maka pasti akan selalu ingin membaca. Cara melatih agar membaca bisa menjadi kebutuhan yaitu membaca buku secara bertahap misalnya hari ini satu paragraf, besok dua paragraf begitu seterusnya sampai buku tersebut habis terbaca. Membaca menjadi kebutuhan juga bisa direalisasikan dengan berprinsip tiada hari tanpa membaca.

4. Rajin-rajinlah ke perpustakaan.
Jika ada waktu luang gunakan untuk ke perpustakaan, kenali informasi atau jenis-jenis buku yang ada. Jika ada koleksi perpustakaan yang menarik hatimu segeralah membacanya.

5. Miliki komitmen
Jika kita berkomitmen untuk membaca secara rutin maka mari merealisasikan hal tersebut. Komitmen untuk membaca harus setiap hari, maka hal itu harus terwujud.

6. Awasi diri sendiri
Jika memiliki target terhadap buku yang ingin dibaca maka dengan pengawasan terhadap diri sendiri perlu direalisasikan, agar tujuan membaca terealisasikan.

7. Jadikan membaca menjadi kebiasaan
Hal ini dapat melatih diri untuk terus berusaha membaca di setiap ada kesempatan. Misalnya sebelum tidur membaca dulu sekitar 20 menit, kegiatan ini rutin dilakukan setiap sebelum tidur maka ini akan menjadi kebiasaan.

8. Belajarlah membeli buku sendiri
Maksudnya adalah membeli buku sendiri sesuai dengan keinginan. Jika mengunjungi toko buku, belilah buku sesuai keinginanmu. Bukan karena keinginan orangtua, saudara kandung, atau teman.

9. Contohi orang-orang yang berhasil karena membaca
Hal ini dapat juga disebut dengan keteladanan. Jika kita melihat orang-orang sukses itu karena mereka rajin membaca maka hal ini perlu dicontoh.

10.  Buat target ke depan 
Target yang dimaksud adalah cita-cita ke depan. Jika kamu bercita-cita maka raih cita-citamu itu dengan membaca. 

            Dengan meningkatkan minat baca diharapkan akan menjadi budaya baca sehingga tercipta generasi yang cerdas, handal, mampu mengambil keputusan, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar