PORTAL INFORMASI
Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)
Penyebutan portal atau website sudah sering kita mendengarnya,
terkadang ada yang menganggap portal itu sama dengan website dan ada juga yang
mengatakan tidak sama. Memang pada prinsipnya website dan portal itu sama,
perbedaannya adalah di dalam portal biasanya berisi informasi-informasi yang
dibutuhkan dan sangat bermanfaat untuk pengambilan kebijakan, keputusan atau
untuk mengetahui pendapat dari pengunjung portal, sedangkan pada website hal
ini tidak dicantumkan. Inilah perbedaan antara portal dengan website.
Portal pada prinsipnya sama dengan website yang membedakannya,
portal biasanya berisi pertanyaan, polling suara, atau jejak pendapat
yang sengaja disisipkan pada portal agar pengunjung portal tersebut dapat
memberikan jawaban, pendapat, atau saran terhadap masalah-masalah yang ingin
dipecahkan atau dicarikan solusinya untuk masa yang akan datang atau pada waktu
tertentu.
Intinya, dengan menggunakan portal, maka si pemilik portal:
1.
Menginginkan agar pengunjung portal dapat memberi saran atau
masukan terhadap masalah-masalah yang sifatnya penting untuk segera dicarikan
jawaban atau solusi. Saran atau masukan dari pengunjung portal kemudian
dijadikan dasar untuk mengambil kesimpulan sederhana.
2.
Menginginkan agar pengunjung portal memberi tanggapan, komentar,
atau respon terhadap hal-hal yang termuat dalam portal. Artinya, bahwa si
pemilik portal (admin) sebagai pembuat portal ingin agar pengunjung portal
memberi tanggapannya, komentarnya, atau responnya terhadap isi berita atau
informasi yang dimuat dalam portal tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar si
pemilik portal (admin) tersebut dapat memperbaiki, mengembangkan, atau
mengambil keputusan terhadap hasil tanggapan, komentar, atau respon dari
pengunjung portal tersebut.
3.
Portal juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk polling suara, biasanya
pengunjung portal diminta untuk memberi jawabannya terhadap pertanyaan yang
ditampilkan dalam portal, sehingga dapat diketahui dan digunakan sebagai bahan
untuk pengambilan keputusan ke depannya.
Keistimewaan portal adalah:
1.
Pengunjung portal diajak untuk memberi informasi, saran, pendapat,
atau tanggapan terhadap permasalah yang sengaja ditampilkan agar pengunjung
dapat berperan serta atau berkomunikasi melalai media portal dengan mengetik
atau memberi jawaban yang telah disedikan.
2.
Pengunjung portal selain dapat mencari informasi, juga dapat
berperan serta untuk memberikan suara atau idenya melalui fasilitas yang telah
disiapkan oleh admin.
3.
Pengunjung portal biasanya aktif, sehingga dapat terjadi komunikasi
dengan perantaraan media elektronik.
4.
Pengunjung portal dapat memberi masukan atau keluhan yang dapat
dijadikan bahan pertimbangan bagi pemilik portal untuk perbaikan ke depannya.
Portal memiliki kelebihan yang tidak terdapat pada website, yaitu
portal dilengkapai dengan “kotak saran” sehingga pengunjung dapat memberikan
ide-idenya, saran-sarannya, pendapat-pendapatnya, bahkan keluhan terhadap
layanan atau hal-hal yang tertuang atau termuat dalam portal tersebut.
Berikut ini contoh pemanfaatan portal untuk mengetahui pendapat
pengunjung portal mengenai sertifikasi pustakawan, jawaban pengunjung portal
dapat diketahui ketika mereka mengklik atau memilih jawaban yang telah
disiapkan, selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar atau data untuk pengambilan
keputusan.
Pustakawan hendaknya mampu mengambil manfaat dari portal ini,
karena dengan memanfaatkan portal, pustakawan dapat mengetahui tingkat kepuasan
pemustaka, dapat mengetahui saran-saran pemustaka terhadap hal-hal yang
berhubungan dengan masalah kepustakawanan, masalah layanan untuk ke depannya,
bahkan arti pentingnya kepustakawan dapat diketahui dengan melihat hasil
jawaban pengunjung portal ketika pustakawan bertanya tentang hal-hal yang
berkaitan dengan kepustakawanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar