Kamis, 28 Mei 2015

PORTAL INFORMASI



PORTAL INFORMASI

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Penyebutan portal atau website sudah sering kita mendengarnya, terkadang ada yang menganggap portal itu sama dengan website dan ada juga yang mengatakan tidak sama. Memang pada prinsipnya website dan portal itu sama, perbedaannya adalah di dalam portal biasanya berisi informasi-informasi yang dibutuhkan dan sangat bermanfaat untuk pengambilan kebijakan, keputusan atau untuk mengetahui pendapat dari pengunjung portal, sedangkan pada website hal ini tidak dicantumkan. Inilah perbedaan antara portal dengan website.

Portal pada prinsipnya sama dengan website yang membedakannya, portal biasanya berisi pertanyaan, polling suara, atau jejak pendapat yang sengaja disisipkan pada portal agar pengunjung portal tersebut dapat memberikan jawaban, pendapat, atau saran terhadap masalah-masalah yang ingin dipecahkan atau dicarikan solusinya untuk masa yang akan datang atau pada waktu tertentu.

Intinya, dengan menggunakan portal, maka si pemilik portal:
1.      Menginginkan agar pengunjung portal dapat memberi saran atau masukan terhadap masalah-masalah yang sifatnya penting untuk segera dicarikan jawaban atau solusi. Saran atau masukan dari pengunjung portal kemudian dijadikan dasar untuk mengambil kesimpulan sederhana.
2.      Menginginkan agar pengunjung portal memberi tanggapan, komentar, atau respon terhadap hal-hal yang termuat dalam portal. Artinya, bahwa si pemilik portal (admin) sebagai pembuat portal ingin agar pengunjung portal memberi tanggapannya, komentarnya, atau responnya terhadap isi berita atau informasi yang dimuat dalam portal tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar si pemilik portal (admin) tersebut dapat memperbaiki, mengembangkan, atau mengambil keputusan terhadap hasil tanggapan, komentar, atau respon dari pengunjung portal tersebut.
3.      Portal juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk polling suara, biasanya pengunjung portal diminta untuk memberi jawabannya terhadap pertanyaan yang ditampilkan dalam portal, sehingga dapat diketahui dan digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan ke depannya.

Keistimewaan portal adalah:
1.      Pengunjung portal diajak untuk memberi informasi, saran, pendapat, atau tanggapan terhadap permasalah yang sengaja ditampilkan agar pengunjung dapat berperan serta atau berkomunikasi melalai media portal dengan mengetik atau memberi jawaban yang telah disedikan.
2.      Pengunjung portal selain dapat mencari informasi, juga dapat berperan serta untuk memberikan suara atau idenya melalui fasilitas yang telah disiapkan oleh admin.
3.      Pengunjung portal biasanya aktif, sehingga dapat terjadi komunikasi dengan perantaraan media elektronik.
4.      Pengunjung portal dapat memberi masukan atau keluhan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pemilik portal untuk perbaikan ke depannya.

Portal memiliki kelebihan yang tidak terdapat pada website, yaitu portal dilengkapai dengan “kotak saran” sehingga pengunjung dapat memberikan ide-idenya, saran-sarannya, pendapat-pendapatnya, bahkan keluhan terhadap layanan atau hal-hal yang tertuang atau termuat dalam portal tersebut.

Berikut ini contoh pemanfaatan portal untuk mengetahui pendapat pengunjung portal mengenai sertifikasi pustakawan, jawaban pengunjung portal dapat diketahui ketika mereka mengklik atau memilih jawaban yang telah disiapkan, selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar atau data untuk pengambilan keputusan.
 

Pustakawan hendaknya mampu mengambil manfaat dari portal ini, karena dengan memanfaatkan portal, pustakawan dapat mengetahui tingkat kepuasan pemustaka, dapat mengetahui saran-saran pemustaka terhadap hal-hal yang berhubungan dengan masalah kepustakawanan, masalah layanan untuk ke depannya, bahkan arti pentingnya kepustakawan dapat diketahui dengan melihat hasil jawaban pengunjung portal ketika pustakawan bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan kepustakawanan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar