Selasa, 12 Mei 2015

PAMERAN BUKU TUA DI PERPUSTAKAAN

PAMERAN BUKU TUA DI PERPUSTAKAAN

 Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Pameran buku tua adalah pemajangan buku tua yang dimiliki oleh perpustakaan yang seharusnya buku tersebut sudah disiangi tetapi pustakawan masih menyimpannya di rak. Istilah buku tua adalah istilah yang menurut saya menarik untuk menjadi tulisan singkat ini.

Di perpustakaan buku tua seharusnya itu sudah dibuang, tetapi ada buku tua yang masih dicari saat sekarang ini yaitu buku tentang sejarah. Semakin tua buku sejarah, semakin digemari.

Kemarin, saya di telepon oleh pemustaka. pemustaka tersebut menanyakan tentang pameran buku tua di perpustakaan. Saya menjawabnya dengan sedikit berteori, pameran di perpustakaan sangat bagus untuk dilaksanakan secara rutin, mengingat bahwa dengan pameran tersebut, pemustaka dapat mengetahui baik itu koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan, hasil-hasil karya pustakawan, maupun sampai pada aktivitas yang dilakukan oleh pustakawan.

Rupanya, “buku tua” yang dimaksud oleh pemustaka tersebut adalah koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan, tetapi koleksi tersebut sudah tidak layak lagi dibaca karena informasinya sudah ketinggalan zaman, tetapi tetap dipajang di rak.

Berbicara tentang buku tua, hampir setiap perpustakaan baik di daerah, maupun di kota besar memilikinya. Mengapa? Karena pustakawan “takut” membuang buku tuanya. Pustakawan tidak punya komitmen terhadap manajemen buku tua, pustakawan tidak mengetahui yang mana buku tua yang menarik, dan yang mana buku tua yang ketinggalan zaman.

Pustakawan yang tidak memiliki komitmen inilah yang saya katakan pustakawan penakut. Pustakawan yang takut membuang buku tuanya yang ketinggalan zaman hanya karena pengadaan buku tua tersebut adalah hasil pembelian. Pada suatu forum saya katakan, bahwa sampai sekarang, belum pernah saya mendengar ada pustakawan yang ditangkap KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) hanya karena membuang buku tuanya. Bukankah dalam dunia perpustakaan ada istilah penyiangan? 

Pustakawan perlu dibekali pengetahuan tentang teknik penyiangan koleksi yang baik dan benar. Sebagai contoh: koleksi perpustakaan tentang windows. Saat sekarang ini, windows komputer yang baru adalah windows 8 bahkan sekarang sudah dirilis windows 10. Jadi, kalau perpustakaan masih memiliki koleksi windows XP atau yang sejenisnya, maka penyiangan koleksi harus dilakukan. Koleksi tentang windows XP harus dikeluarkan dari rak. Masih banyak buku-buku sejenis yang sudah tertinggal atau ketinggalan zaman tetapi pustakawan masih menyimpannya dengan tertata rapi di rak, sehingga tidak salah ketika pemustaka menganggap pustakawan memamerkan buku tua. Hal yang perlu diingat, prosudur penarikan koleksi dari rak ini harus dikuasai oleh pustakawan, agar pustakawan tidak salah langkah. 

Kebijakan, komitmen, keahlian, serta keberanian pustakawan yang diharapkan mampu menghilangkan image pemustaka tentang pameran buku tua di perpustakaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar