Senin, 01 Februari 2016

MEMIMPIN PERPUSTAKAAN



MEMIMPIN PERPUSTAKAAN

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Tulisan ini merupakan jawaban singkat dari pertanyaan mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan tentang cara memimpin perpustakaan yang baik, alasannya karena perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi merupakan tantangan sekaligus menjadi beban bagi pemimpin perpustakaan dalam merealisasikan tujuan perpustakaan terlebih saat ini kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh era globalisasi disegala bidang baik agama, budaya, ekonomi, politik, maupun kekuasaan.

Memimpin perpustakaan mempunyai makna melakukan tindakan untuk mempengaruhi SDP (Sumber Daya Perpustakaan) untuk mengikuti, mematuhi, melaksanakan, tugas-tugas kepustakawanan yang diamanahkan agar tercapai visi dan misi, serta tujuan perpustakaan. SDP yang dimaksud adalah staf administrasi dan pustakawan.

Memimpin perpustakaan memiliki fungsi diantaranya:
  1. Mempengaruhi SDP agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya
  2. Memberi petunjuk, saran, perintah, dan amanah agar tercapai tujuan perpustakaan.
  3. Memberi semangat, motivasi, promosi, dan apresiasi agar lebih aktif, kreatif dalam mencapai tujuan perpustakaan.
  4. Mempelajari karakter, sifat, dan kepribadian SDP agar dapat membimbing dan mengarahkan mereka sehingga mampu melaksanakan tugas kepustakawanan untuk mendukung tercapainya tujuan perpustakaan.
  5. Mampu mencari solusi yang terbaik untuk keberhasilan tujuan perpustakaan.
  6. Siap melakukan perubahan.
Memimpin perpustakaan akan menjadi mudah dan menyenangkan jika pemimpin memiliki fungsi seperti di atas. Untuk itu, sebagai pemimpin perpustakaan haruslah memiliki ciri-ciri diantaranya:

  1. Memiliki sifat jujur
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Bertangung jawab
  4. Berpengetahuan luas
  5. Tidak mudah putus asa dan tetap ingin belajar
  6. Mampu mengarahkan orang lain
  7. Memiliki kemampuan bekerja sama
  8. Memiliki keyakinan dan kemauan untuk maju
  9. Mengetahui bidang tugas yang dipimpinnya
  10. Cepat dan mampu mengambil keputusan yang terbaik.
  11. Mampu membaca situasi dan kondisi SDP
  12. Memiliki pengendalian emosi dan dapat berpikir kritis serta rasional
  13. Bersifat adil bijaksana
  14. Menguasai teknik komunikasi
  15. Mampu mengatasi konflik
 Memimpin perpustakaan adalah pekerjaan yang mudah jika pemimpin memiliki ciri-ciri seperti tersebut di atas. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menempatkan dirinya (ibarat pakaian, ada waktunya memakai pakaian pesta, pakaian santai, pakaian renang, dan lain-lain), memiliki sifat mulia, mengetahui budaya pemustaka, dan mampu mengendalikan dirinya.

Seorang pemimpin juga harus mampu belajar untuk mengembangkan dirinya, menguasai informasi, komunikasi, dan teknologi, tujuannya agar mudah mengambil keputusan, mudah menemukan solusi yang terbaik untuk kemajuan perpustakaan, dan mampu merealisasikan visi dan misi perpustakaan.

Untuk itu, memimpin perpustakaan berarti memiliki tanggung jawab moral dan tanggung jawab sosial untuk membentuk masyarakat yang mempunyai budaya membaca dan belajar sepanjang hayat serta menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan kebudayaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar