BERKREATIF
DALAM PROMOSI PERPUSTAKAAN
Oleh:
Iskandar
(Pustakawan
Madya Unhas)
Promosi perpustakaan yang dimaksudkan
dalam tulisan singkat ini artinya mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka,
yang dikenalkan yaitu seluruh hasil karya yang meliputi karya tulis, karya cetak, dan/atau
karya rekam yang dimiliki oleh perpustakaan, jika memungkinkan termasuk fasilitas
dan kemudahan dalam layanan.
Tujuan promosi perpustakaan adalah:
- Meningkatkan penggunaan atau pemanfaatan koleksi perpustakaan
- Meningkatnya rating lembaga
- Pemahaman pemustaka terhadap jasa perpustakaan
- Meningkatkan citra perpustakaan
- Tercapai tujuan perpustakaan
Keberhasilan pustakawan dalam
mempromosikan perpustakaan memerlukan kreativitas pustakawan dan terlaksananya
tujuan serta parameter promosi seperti pada tabel di bawah ini:
No.
|
Tujuan
|
Parameter
|
Kesimpulan
|
1.
|
Meningkatkan
penggunaan atau pemanfaatan koleksi perpustakaan
|
Jumlah
kunjungan ke setiap bagian di perpustakaan terus meningkat
|
Promosi perpustakaan tercapai
|
2.
|
Meningkatnya
rating lembaga
|
Penilaian
terhadap Sasaran
Mutu berdasarkan ISO 9001: 2008
|
|
3.
|
Pemahaman
pemustaka terhadap jasa perpustakaan
|
Tingkat
pemanfaatan jasa perpustakaan meningkat
|
|
4.
|
Meningkatkan
citra perpustakaan
|
Perpustakaan
dijadikan sumber informasi, sumber pengetahuan, sumber pengambilan keputusan
|
|
5.
|
Tercapai
tujuan perpustakaan
|
Perpustakaan
dilaksanakan sesuai visi dan misinya
|
Pustakawan
dapat menggunakan kreativitasnya dalam merealisasikan pentingnya promosi
perpustakaan misalnya, dengan terus mengingatkan segala jasa yang dimiliki oleh
perpustakaan agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Bentuk kreativitas itu dapat
dilakukan dengan mengadakan promosi dalam bentuk publisitas termasuk beriklan
pada media massa dan media elektronik, melalui kontak perorangan, melalui
seminar atau kegiatan-kegiatan keagamaan, pameran, dan memberi penghargaan
kepada pemustaka yang paling sering memanfaatkan jasa perpustakaan.
Bentuk
promosi untuk mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka dapat juga dilakukan dengan
menggunakan media sosial (facebook, BBM, wechat, whatsapp, line, dan
lain-lain), blog, website instansi, group chat di internet, dan media online
lainnya misalnya e-magazine, e-journal atau kalau perlu melalui aplikasi
berbasis android.
Inti
promosi perpustakaan ini adalah untuk menyebarkan informasi, koleksi, jasa,
kebaikan, atau bahkan daya tarik lokal (local content) yang dimiliki
oleh perpustakaan untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pemustaka.
Dengan memanfaatkan perpustakaan diharapkan terjawablah solusi terhadap pemecahan
masalah yang sedang dan akan dihadapi oleh masyarakat. Misalnya, masalah kebodohan,
kemiskinan, ketidakadilan, korupsi, pelanggaran HAM, kemerosotan moral,
pengembangan SDM, pengembangan industri, inovasi teknologi, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar