Selasa, 12 Januari 2016

BERKREATIF DALAM PROMOSI PERPUSTAKAAN



BERKREATIF DALAM PROMOSI PERPUSTAKAAN

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Promosi perpustakaan yang dimaksudkan dalam tulisan singkat ini artinya mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka, yang dikenalkan yaitu seluruh hasil karya yang meliputi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam yang dimiliki oleh perpustakaan, jika memungkinkan termasuk fasilitas dan kemudahan dalam layanan.

Tujuan promosi perpustakaan adalah:
  1.  Meningkatkan penggunaan atau pemanfaatan koleksi perpustakaan
  2. Meningkatnya rating lembaga
  3. Pemahaman pemustaka terhadap jasa perpustakaan
  4. Meningkatkan citra perpustakaan
  5. Tercapai tujuan perpustakaan
 Keberhasilan pustakawan dalam mempromosikan perpustakaan memerlukan kreativitas pustakawan dan terlaksananya tujuan serta parameter promosi seperti pada tabel di bawah ini:

No.
Tujuan
Parameter
Kesimpulan
1.
Meningkatkan penggunaan atau pemanfaatan koleksi perpustakaan
Jumlah kunjungan ke setiap bagian di perpustakaan terus meningkat
Promosi perpustakaan tercapai
2.
Meningkatnya rating lembaga
Penilaian terhadap Sasaran Mutu berdasarkan ISO 9001: 2008
3.
Pemahaman pemustaka terhadap jasa perpustakaan
Tingkat pemanfaatan jasa perpustakaan meningkat
4.
Meningkatkan citra perpustakaan
Perpustakaan dijadikan sumber informasi, sumber pengetahuan, sumber pengambilan keputusan
5.
Tercapai tujuan perpustakaan
Perpustakaan dilaksanakan sesuai visi dan misinya

Pustakawan dapat menggunakan kreativitasnya dalam merealisasikan pentingnya promosi perpustakaan misalnya, dengan terus mengingatkan segala jasa yang dimiliki oleh perpustakaan agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Bentuk kreativitas itu dapat dilakukan dengan mengadakan promosi dalam bentuk publisitas termasuk beriklan pada media massa dan media elektronik, melalui kontak perorangan, melalui seminar atau kegiatan-kegiatan keagamaan, pameran, dan memberi penghargaan kepada pemustaka yang paling sering memanfaatkan jasa perpustakaan.

Bentuk promosi untuk mengenalkan perpustakaan kepada pemustaka dapat juga dilakukan dengan menggunakan media sosial (facebook, BBM, wechat, whatsapp, line, dan lain-lain), blog, website instansi, group chat di internet, dan media online lainnya misalnya e-magazine, e-journal atau kalau perlu melalui aplikasi berbasis android.

Inti promosi perpustakaan ini adalah untuk menyebarkan informasi, koleksi, jasa, kebaikan, atau bahkan daya tarik lokal (local content) yang dimiliki oleh perpustakaan untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pemustaka. Dengan memanfaatkan perpustakaan diharapkan terjawablah solusi terhadap pemecahan masalah yang sedang dan akan dihadapi oleh masyarakat. Misalnya, masalah kebodohan, kemiskinan, ketidakadilan, korupsi, pelanggaran HAM, kemerosotan moral, pengembangan SDM, pengembangan industri, inovasi teknologi, dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar