Senin, 25 Januari 2016

PERPUSTAKAAN DIGITAL



PERPUSTAKAAN DIGITAL

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Perpustakaan digital memiliki banyak definisi, tetapi inti dari perpustakaan digital adalah perpustakaan yang mengoleksi semua koleksinya dalam bentuk file elektronik sehingga mudah dalam penyimpanan, penelusuran, penemuan kembali, dan menggunakan jaringan komputer. Mulai dari pengadaan, pengolahan, hingga pendistribusiannya menggunakan teknologi jaringan komputer.

Pemustaka yang memanfaatkan perpustakaan digital dengan baik dan benar, diharapkan:
  1. Memanfaatakan informasi yang sifatnya cepat, praktis, dan mudah.
  2. Mendapatkan layanan akses on-line dimana saja selama 24 jam
  3. Mendapatkan kenyamanan dalam layanan
  4. Mendapatkan pengetahuan dan kemampuan untuk belajar mandiri
  5. Kemudahan untuk mengetahui informasi terkini di seluruh dunia.
  6. Meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa
  7. Menumbuhkan kegemaran membaca.
  8. Mempercepat keberhasilan pendidikan
 Proses digitalisasi yaitu mengubah dokumen cetak menjadi dokumen digital misalnya dengan cara menscan, memformat file menjadi  file tertentu yang sesuai dengan format digital dan mampu dibaca komputer atau alat baca digital lainnya. Koleksi yang dapat digitalisasi misalnya seluruh bahan pustaka, naskah kuno, karya audio visual, video, musik, peta, karya seni rupa, dan lainnya.

Perpustakaan digital mempunyai manfaat yang cukup berarti diantaranya:
  1. Memudahkan penyebaran informasi
  2. Tidak memerlukan tempat penyimpanan atau rak
  3. Datanya mudah dipindah-pindahkan, mudah dirawat, mudah ditemukan.
  4. Pengiriman cepat, sehingga informasinya tetap up-date
  5. Mampu menampilkan data baik dalam bentuk video, suara, foto, maupun full teks
  6. Informasinya bersifat awet dan tahan lama.
  7. Mampu diakses secara bersamaan oleh banyak pemustaka
  8. Mudah dikreasikan.
Koleksi perpustakaan digital berbentuk file elektronik sehingga membutuhkan alat baca secara elektronik juga. Alat baca ini bisa saja mahal harganya sehingga pihak perpustakaan perlu menyiapkan anggaran khusus untuk pengadaan sarananya. Berikut ini hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengelolaan perpustakaan digital:

Peralatan
SDM
Koleksi
Perlu perhatian khusus
Membutuhkan peralatan yang berhubungan proses digitalisasi misalnya: scanner, jaringan, database, komputer, alat konversi file, dan sebagainya
Memerlukan pustakawan yang menguasai komputer, menguasai teknologi informasi, dan memiliki sifat-sifat yang berhubungan dengan kesabaran, ketelitian, kerja keras, semangat untuk maju, dan kemampuan untuk bekerja sama
Semua koleksi harus dalam bentuk file digital.
Biaya pemeliharaaan, pengadaan sarana digital baru maksimal 5 tahun sekali, menghindari cantuman yang berulang atau sama.

Perpustakaan yang maju adalah perpustakaan yang mampu menerapkan sistem digitalisasi koleksi secara menyeluruh. Sistem digitalisasi ini yang membuat perpustakaan mampu bersaing, mampu bertahan, dan menjadi perpustakaan yang dicita-citakan oleh setiap pemustaka. Perpustakaan digital akan membuat pemustaka menjadi nyaman, cerdas, dan mandiri, termasuk memiliki kegemaran membaca.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar