Rabu, 20 Januari 2016

PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA



PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Perpustakaan multimedia adalah suatu ruang atau tempat yang berisi teknologi yang dapat menampilkan suara, video, animasi, internet, DVD/VCD video, game, dan lain-lain, serta kumpulan koleksi audio visual yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka. Perpustakaan multimedia merupakan perpustakaan yang dapat memberikan akses bagi pemustaka dengan menggunakan berbagai media untuk peningkatan proses pembelajaran secara mandiri.

Perpustakaan multi media biasanya lebih menekankan layanannya diantaranya:
  1. Pelayanan internet
  2. Koleksi CD-ROM (e-book, documentary, e-journal, musik, video dan sebagainya)
  3. Koleksi digital
  4. Kliping elektronik
  5. Koleksi kebudayaan daerah yang telah dialihmediakan
  6. Koleksi langka/kuno yang telah dialihmediakan
  7. Ruang konferensi dan audio visual
 Perpustakaan multimedia dapat dimanfaatkan oleh setiap pemustaka, karena itu, layanan multimedia mengacu pada pemenuhan kebutuhan pemustaka dengan menitikberatkan pada akses layanan berbasis media.  Tujuan layanan perpustakaan multimedia adalah:
  1. Memberi informasi yang berbasis media sehingga pemustaka dapat menelusur atau mencari informasi sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Memberi kesempatan kepada pemustaka untuk mempelajari, memahami, dan memanfaatkan koleksi yang telah dialihmediakan.
  3. Sebagai sarana untuk meneliti atau berdiskusi misalnya, menyangkut kebudayaan daerah, termasuk koleksi langka/kuno
  4. Sebagai sarana hiburan, misalnya untuk menonton video, mendengarkan musik, dan lain-lain
  5. Sebagai ruang pertemuan berbasis multimedia.
Perpustakaan multimedia membutuhkan sumber daya pustakawan yang memahami teknologi komputer dan audio visual. Karena itu, pustakawan yang bertugas pada layanan multimedia harus memiliki ketelitian yang tinggi, paham terhadap aturan dan tata cara pemanfaatan koleksi multimedia, serta mampu mengarahkan pemustaka untuk belajar mandiri dengan rujukan koleksi multimedia.

Pustakawan yang bertugas pada perpustakaan multimedia hendaknya berjiwa kreatif untuk dapat mengalihmediakan semua koleksi atau dokumen penting yang dimiliki perpustakaan sehingga koleksi atau dokumen tersebut dapat mendukung tercapainya tujuan pendirian perpustakaan multimedia. Koleksi hasil alih media tersebut akan menjadi awet, mudah ditelusur, tidak membutuhkan tempat pemajangan yang permanen, mudah dalam pemeliharaan, dan tampilannya dapat lebih menarik.

Perlu diketahui bahwa perpustakaan multimedia juga memanfaatkan teknologi digital dan teknologi audio visual, dengan mengkombinasikan video, animasi, suara, grafik, gambar, teks, dan lain-lain sehingga pemustaka dapat memanfaatkannya dengan mudah dan nyaman.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar