Rabu, 13 Januari 2016

KONSEP UTILIZATION PADA PERPUSTAKAAN



KONSEP UTILIZATION PADA PERPUSTAKAAN

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Utilization artinya penggunaan, pemanfaatan, atau pemakaian. Jadi yang dimaksud konsep utilization dari tulisan ini adalah bagaimana caranya agar pemustaka dapat menggunakan, memakai, atau memanfaatakan seluruh sumber daya yang ada di perpustakaan dengan sebaik-baiknya. Sebagai contoh, pada perpustakaan perguruan tinggi, bagaimana caranya agar perpustakaan perguruan tinggi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder (civitas akademika) dalam perguruan tinggi tersebut.

Alasan pentingnya utilization pada perpustakaan ini adalah karena perpustakaan adalah jantung. Perpustakaan adalah sumber ilmu pengetahuan. Perpustakaan adalah sarana pembelajaran sepanjang hayat sehingga konsep utilization ini hanya akan berfungsi jika perpustakaan digunakan, dimanfaatkan, dipakai sesuai dengan peran dan fungsinya, jika konsep utilization ini tidak berjalan, tidak berfungsi maka pustakawan harus membuatnya berjalan dan berfungsi.

Utilization pada perpustakaan dapat diukur. Pengukuran utilization ini dapat dilakukan mulai dari pintu masuk perpustakaan, ketika pemustaka memanfaatkan layanan perpustakaan, ketika pemustaka memanfaatkan fasilitas baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk non buku, misalnya internet, nonton movie, dan lain-lain. Hasil dari pengukuran itu dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan baik menyangkut koleksi, sarana dan fasilitas, maupun pengembangan staf.

No.
Utilization
Pengukuran
Kesimpulan
1.
Seluruh layanan yang ada di dalam perpustakaan misalnya, layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan karya ilmiah, layanan majalah dan lain-lain
Jumlah koleksi terpinjam atau terpakai
Jika pemanfaatannya tinggi maka perlu di tingkatkan, artinya konsep utilization ini berhasil.

2.
Layanan administrasi, misalnya pembuatan kartu anggota perpustakaa, layanan bebas pustaka atau bebas pinjam, dan lain-lain
Kecepatan proses layanan misalnya maksimal 10 menit pembuatan
3.
Layanan e-journal, e-book
Jumlah yang mengakses
Jika tingkat pemanfaatananya rendah maka perlu segera merealisasikan konsep utilization ini.

4.
Koleksi lainnya misalnya koleksi movie, koleksi musik, audio book dan lain-lain
Jumlah yang menggunakan

Tujuan konsep utilization pada perpustakaan ini adalah:
  1. Agar koleksi dan seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki oleh perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar oleh perpustakaan tentu dengan tujuan yang baik dan benar pula.
  2.  Agar kekayaan intelektual yang terdapat dalam perpustakaan dapat diserap oleh pemustaka sesuai dengan kebutuhan.
  3.  Agar tujuan perpustakaan dapat diketahui oleh pemustaka secara sempurna.
  4.  Agar perpustakaan menjadi rujukan terhadap pemecahan masalah-masalah sosial kemasyarakatan.
  5. Agar kebutuhan akan seluruh informasi terpenuhi.
Untuk itu, perpustakaan harus dirancang dengan berbasis pada konsep utilization ini, artinya ketika pustakawan ingin mengadakan koleksi harus melalui pemikiran dan pengkajian yang berorientasi ke pemustaka, karena tujuan pengadaan koleksi tersebut tentu akan bermanfaat jika dimanfaatkan oleh pemustaka. Demikian juga pada pemilihan seluruh sarana dan prasarana di perpustakaan harus berorientasi pada pemustaka.
 
Konsep utilization pada perpustakaan ini dapat menjadi barometer untuk pengembangan perpustakaan ke depan. Tidak ada perpustakaan yang sempurna tetapi ketika konsep utilization ini dapat diterapkan di perpustakaan maka perpustakaan akan mendekati kesempurnaan, bahkan menjadi sempurna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar