Senin, 25 Januari 2016

KONSEP ORGANIZATIONAL DESIGN PERPUSTAKAAN



KONSEP ORGANIZATIONAL DESIGN PERPUSTAKAAN

Oleh:
Iskandar
(Pustakawan Madya Unhas)

Konsep organizational design perpustakaan adalah konsep yang mengarah kedesain struktur organisasi. Desain struktur organisasi yang baik mencerminkan kinerja organisasi yang baik, sebaliknya struktur organisasi yang tidak praktis mencerminkan kinerja organisasi yang tidak praktis pula.

Konsep desain struktur organisasi perlu dipikirkan seefektif mungkin. Pembuatannya harus mencerminkan tujuan yang ingin dicapai, menggambarkan bagian-bagian secara detail dengan tetap berorientasi pada pemustaka. Menggambarkan bagian-bagian secara detail bukan berarti terlalu banyak jabatan atau terlalu birokratis tetapi yang dimaksud menggambarkan bagian-bagian secara detail adalah struktur organisasi yang lengkap, simpel, dan fleksibel yang mencerminkan kecepatan, ketepatan, dan keberhasilan layanan, dan bukan berbelit-belit.

Untuk itu, tujuan yang ingin dicapai dengan konsep organizational design perpustakaan:
  1. Konsep organizational design perpustakaan harus berorientasi ke pemustaka
  2. Menggambarkan kemudahan, ketepatan, dan keberhasilan layanan perpustakaan
  3. Dasar pencapaian standar perpustakaan (ISO)
  4. Berfungsinya analisis jabatan
  5. Menghilangkan istilah terlalu birokratis dan terlalu banyak jabatan yang kurang perlu.
  6. Menggambarkan kinerja staf dan SOP masing-masing bagian
  7. Memudahkan evaluasi kinerja setiap bagian
  8. Menggambarkan tanggung jawab masing-masing bagian
  9. Menggambarkan terciptanya garis komando dan garis koordinasi antar bagian
  10. Mempermudah pengambilan keputusan.
Hasil akhir dari  konsep organizational design perpustakaan adalah tercapainya kinerja perpustakaan dan tentu saja kepuasan pemustaka akan layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Untuk itu, perpustakaan harus mengkaji secara mendalam perlunya menghilangkan bagian-bagian yang tidak terlalu di perlukan dalam struktur organisasi tersebut.

Diharapkan dengan menghilangkan bagian-bagian yang tidak perlu dalam struktur organisasi, akan terealisasi efektivitas, efesiensi, dan produktivitas yang tinggi dari kinerja pustakawan, sehingga tercapai tujuan perpustakaan, tercapai visi dan misi perpustakaan, serta kepuasan pemustaka ketika menggunakan layanan perpustakaan, ketika mengurus berbagai kebutuhan di perpustakaan.

Konsep organizational design perpustakaan diperlukan untuk menjamin kinerja setiap bagian sehingga dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan kemajuan pengetahuan, teknologi, dan peradaban manusia. Karena itu, pembuatan konsep organizational design di perpustakaan tetap harus memperhitungkan sumber daya pustakawan, kuantitas, dan keahlian pustakawan yang diberi wewenang dan tanggung jawab.

Diharapkan perpustakaan yang menerapakan konsep organizational design ini sesuai dengan standar dan kebutuhan, akan menjadi struktur yang mampu menjadikan perpustakaan menjadi kuat dan mampu mengatasi kelemahan layanan perpustakaan yang sering dikeluhkan oleh pemustaka. Keluhan itu misalnya terlalu birokratis, berbelit-belit, dan lain-lain. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar