LAYANAN UMUM UPT PERPUSTAKAAN UNHAS
Oleh:
Iskandar
(Pustakawan
Madya Unhas)
Layanan umum
adalah keseluruhan layanan yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Unhas, layanan
ini terdiri dari layanan sirkulasi, layanan referensi & cadangan, layanan
karya ilmiah Unhas, dan layanan majalah, surat kabar, Sulawesiana, dan kajian.
Tujuan layanan
umum UPT Perpustakaan Unhas adalah:
- Merealisasikan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) layanan umum
- Mendukung dan mengimplementasikan kebijakan pimpinan untuk kemajuan dan keberhasilan tugas UPT Perpustakaan
- Merealisasikan Standar ISO dan Manajemen Mutu serta Prosedur Mutu terkait dengan layanan umum
- Menciptakan kenyamanan dalam layanan dengan tetap bekerjasama dengan bagian lain misalnya bag. TU; Bag. Pengolahan, Bag. Pengadaan dan Bag. TI
Layanan umum UPT Perpustakaan Unhas berusaha untuk merealisasikan
Sasaran Mutu berdasarkan ISO 9001: 2008 agar setiap pemustaka mampu mendapatkan
layanan yang berkualitas dan kepuasan pelanggan. Untuk merealisasikan tujuan
dari layanan umum UPT Perpustakaan Unhas maka kepuasan pemustaka menjadi
prioritas utama.
No.
|
Proses
|
Parameter
|
Target
|
1. |
Layanan
Kartu Anggota Perpustakaan
|
Jumlah
penambahan anggota perpustakaan mahasiswa unhas
|
5200
anggota baru setiap tahun
|
Waktu
pemrosesan pembuatan kartu anggota perpustakaan
|
Maksimal
10 (sepuluh) menit
|
||
2. |
Layanan
sirkulasi buku
|
Persentase
koleksi yang dikembalikan tepat waktu
|
100%
buku dikembalikan tepat waktu
|
3.
|
Layanan
bebas pustaka
|
Waktu
pemrosesan layanan bebas pustaka
|
Maksimal
10 (sepuluh) menit
|
4.
|
Pelayanan
Umum
|
Jumlah
kunjungan keseluruhan pemustaka (pintu masuk)
|
800
pemustaka setiap hari
|
Jumlah
kunjungan layanan koleksi berkala
|
150
pemustaka setiap hari
|
||
Jumlah
kunjungan koleksi referensi dan cadangan
|
150
pemustaka setiap hari
|
||
Jumlah
kunjungan koleksi karya ilmiah
|
200
pemustaka setiap hari
|
Untuk itu, diharapkan jumlah pemanfaatan, kunjungan, akan meningkat
seiring dengan pencapaian target. Target di atas hanya akan berhasil jika di
dukung oleh sarana berupa koleksi, ruang layanan, fasilitas yang memadai serta
nyaman dan profesional pustakawan.
Saatnya pustakawan memberi layanan yang berkualitas untuk menjamin
pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar, sebagai sarana yang dapat digunakan
untuk mengambil keputusan dan sumber solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh
pemustaka.
Assalamu'alaikum pak, maaf saya ingin bertanya, apakah perpustakaan Unhas terbuka untuk umum?
BalasHapus